is oxo-biodegradable banned in india

  2023-10-16 

  888

Oxo-biodegradable adalah jenis plastik yang telah diperlakukan dengan bahan kimia tertentu yang membuatnya dapat terurai sendiri seiring waktu. Plastik ini telah menjadi perhatian dunia karena dianggap sebagai solusi yang efektif dalam mengurangi dampak negatif limbah plastik terhadap lingkungan. Meskipun begitu, beberapa negara telah melarang penggunaan oxo-biodegradable, termasuk India.

India merupakan salah satu negara yang sangat peduli dengan lingkungan dan berjuang keras untuk mengurangi penggunaan plastik dalam aktivitas sehari-hari. Pada tahun 2016, pemerintah India melarang penggunaan tas plastik di ibu kota, Delhi. Pelarangan ini bertujuan untuk mengatasi masalah limbah plastik yang semakin meningkat di negara ini.

Namun, pada bulan Maret 2019, pemerintah India mengeluarkan perintah baru yang melarang penggunaan oxo-biodegradable. Keputusan ini didasarkan pada penelitian yang menyebut bahwa oxo-biodegradable bukanlah solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan limbah plastik, dan justru dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan bagi lingkungan.

Beberapa ilmuwan dan ahli lingkungan juga menyatakan kekhawatiran mereka terhadap penggunaan oxo-biodegradable. Mereka berpendapat bahwa proses degradasi plastik jenis ini dapat menghasilkan partikel-partikel mikroplastik yang sulit terurai dan berpotensi menyebabkan pencemaran air dan tanah. Selain itu, oxo-biodegradable juga sulit diolah kembali dan daur ulang menjadi bahan plastik baru.

Pemerintah India juga khawatir akan penyalahgunaan penggunaan oxo-biodegradable oleh gerakan industri plastik. Beberapa aktivis lingkungan memperingatkan bahwa produsen plastik mungkin mengklaim menggunakan plastik oxo-biodegradable untuk memenuhi persyaratan peraturan tanpa memperhitungkan dampak negatifnya yang sebenarnya.

Salah satu pihak yang terpengaruh secara signifikan oleh larangan penggunaan oxo-biodegradable adalah industri kemasan makanan. Kantong plastik dan wadah makanan yang telah diperlakukan dengan bahan kimia oxo-biodegradable tidak lagi diperbolehkan digunakan. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi sektor ini karena mereka sekarang harus mencari solusi lain yang ramah lingkungan.

Meskipun larangan ini telah diberlakukan, masih ada beberapa yang mempertanyakan keputusan tersebut. Beberapa produsen oxo-biodegradable berpendapat bahwa plastik ini sebenarnya dapat terurai dengan baik dan aman bagi lingkungan. Mereka berargumen bahwa penelitian tentang dampak negatif oxo-biodegradable masih kontroversial dan pemerintah India tidak seharusnya membuat keputusan berdasarkan pada penelitian yang belum memadai.

Namun, dengan tujuan untuk melindungi lingkungan dan mengurangi dampak negatif plastik, pemerintah India bertekad untuk melarang penggunaan oxo-biodegradable. Hal ini bertujuan untuk mendorong inovasi dan penggunaan bahan pengganti yang lebih ramah lingkungan, seperti kertas atau bahan-bahan alami lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah meluncurkan berbagai program dan kampanye untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengurangan penggunaan plastik. Masyarakat di India semakin menyadari betapa pentingnya perlindungan lingkungan dan mulai beralih ke pilihan lain yang lebih berkelanjutan.

Larangan terhadap penggunaan oxo-biodegradable di India merupakan langkah penting dalam penanganan permasalahan limbah plastik. Meskipun masih ada perdebatan tentang efektivitas dan keamanannya, penting bagi kita untuk terus mencari solusi yang lebih baik dan melindungi lingkungan untuk generasi mendatang.

Keep in
touch
      Thank you very much for your interest in our company.
  Our task is to improve the level of service and product quality, and constantly meet the needs of customers is the goal we have been actively pursuing, which is our strategic priority to win long-term customer recognition.
If you have any questions, you can contact us according to the following contact information,we will reply to you in the shortest time, thank you.