Why composting sites are banning compostable plastics?

  2023-10-13 

  888

Mengapa Tempat Pengomposan Melarang Plastik yang Dapat Diuraikan?

Plastik yang dapat diuraikan atau compostable plastics telah lama dianggap menjadi solusi bagi masalah limbah plastik di dunia. Namun, baru-baru ini, banyak tempat pengomposan mulai melarang penggunaan plastik yang dapat diuraikan di fasilitas mereka. Mengapa ini terjadi? Mengapa komunitas pengomposan ingin menghindari plastik yang dapat diuraikan?

Salah satu alasan utama mengapa tempat pengomposan mulai melarang plastik yang dapat diuraikan adalah karena mereka dapat menimbulkan kontaminasi pada proses pengomposan. Saat plastik tersebut ditempatkan di fasilitas pengomposan bersama dengan bahan organik lainnya, mereka tidak terurai dengan cepat seperti yang diharapkan. Sebaliknya, mereka cenderung bertahan lebih lama di dalam kompos, menghalangi dekomposisi bahan organik yang sebenarnya. Akibatnya, banyak tempat pengomposan berjuang untuk mempertahankan kualitas kompos yang dihasilkan.

Selain itu, plastik yang dapat diuraikan memiliki persyaratan khusus agar dapat terurai dengan cepat dan efektif. Suhu, kelembaban, dan waktu yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa plastik ini benar-benar terurai. Sayangnya, tidak semua tempat pengomposan memiliki kemampuan dan sumber daya yang cukup untuk memantau dan memenuhi persyaratan spesifik ini. Oleh karena itu, menggunakan plastik yang dapat diuraikan sering kali tidak praktis di banyak fasilitas pengomposan.

Selain kontaminasi dan persyaratan khusus, biaya juga menjadi faktor yang signifikan mengapa tempat pengomposan mulai melarang plastik yang dapat diuraikan. Dibandingkan dengan plastik konvensional, plastik yang dapat diuraikan umumnya lebih mahal. Harga yang lebih tinggi ini mencerminkan biaya produksi bahan yang dapat diuraikan dan persyaratan teknologi yang lebih rumit. Ketika tempat pengomposan harus memilih antara menggunakan plastik yang dapat diuraikan dengan biaya yang lebih tinggi atau alternatif yang lebih murah, kebanyakan akan memilih plastik konvensional.

Selain itu, kekhawatiran lingkungan juga menjadi alasan mengapa plastik yang dapat diuraikan terkadang dilarang di tempat pengomposan. Plastik yang dapat diuraikan sering kali hanya terurai dengan baik dalam kondisi industri tertentu, seperti suhu tinggi dan kelembaban yang tepat. Di alam bebas, plastik ini mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai atau bahkan mungkin tidak terurai sama sekali. Dengan alasan ini, banyak orang khawatir bahwa penggunaan plastik yang dapat diuraikan akan meningkatkan risiko polusi lingkungan atau menambah jumlah limbah plastik yang tidak dapat terurai.

Dalam beberapa kasus, tempat pengomposan melarang plastik yang dapat diuraikan karena kurangnya infrastruktur pengomposan yang memadai. Beberapa wilayah mungkin tidak memiliki fasilitas yang bisa memproses plastik yang dapat diuraikan dengan benar, sehingga memaksa mereka untuk melarang penggunaannya. Dalam hal ini, langkah-langkah harus diambil untuk memperluas infrastruktur pengomposan terlebih dahulu, sebelum plastik yang dapat diuraikan dapat diterima dengan aman dan efektif.

Meskipun banyak tempat pengomposan melarang plastik yang dapat diuraikan, ini tidak berarti bahwa plastik ini tidak memiliki manfaat. Masyarakat dan perusahaan harus tetap menjaga kualitas kompos mereka dengan tidak mencampur plastik yang dapat diuraikan dan bahan organik. Selain itu, pengembangan teknologi yang lebih baik dan biaya yang lebih terjangkau juga diperlukan untuk meningkatkan penerimaan dan penggunaan plastik yang dapat diuraikan secara luas di tempat pengomposan.

Kesimpulannya, tempat pengomposan melarang plastik yang dapat diuraikan karena masalah kontaminasi, persyaratan khusus, biaya yang lebih tinggi, kekhawatiran lingkungan, dan kurangnya infrastruktur pengomposan yang memadai. Meskipun demikian, penting bagi masyarakat untuk tetap berkomitmen dalam mencari solusi yang lebih baik dan berkelanjutan untuk masalah limbah plastik. Dalam jangka panjang, penggunaan plastik yang dapat diuraikan dengan benar dan efektif dapat membantu mengurangi dampak limbah plastik yang merusak lingkungan.

Keep in
touch
      Thank you very much for your interest in our company.
  Our task is to improve the level of service and product quality, and constantly meet the needs of customers is the goal we have been actively pursuing, which is our strategic priority to win long-term customer recognition.
If you have any questions, you can contact us according to the following contact information,we will reply to you in the shortest time, thank you.