What is the meaning of oxo-biodegradable?

  2023-10-12 

  888

Oxo-biodegradable adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan proses biodegradasi sebuah produk plastik. Oxo-biodegradable mengacu pada kemampuan plastik untuk secara alami terurai menjadi partikel-partikel yang lebih kecil dalam jangka waktu tertentu dengan bantuan oksigen, sinar matahari, dan panas. Proses ini merupakan suatu langkah menuju pengurangan limbah plastik yang tidak dapat terurai dengan cepat.

Plastik tradisional diketahui sulit terurai secara alami di lingkungan. Plastik jenis ini dibuat dari polimer yang memiliki ikatan yang kuat dan stabil. Akibatnya, plastik tidak mudah terurai dan dapat bertahan di lingkungan selama berabad-abad. Hal ini menyebabkan penumpukan limbah plastik yang sangat merugikan bagi ekosistem.

Untuk mengatasi masalah ini, penelitian dilakukan untuk mengembangkan metode yang mampu mempercepat biodegradasi plastik. Salah satu hasil penelitian tersebut adalah teknologi oxo-biodegradable. Pada dasarnya, teknologi ini melibatkan penambahan bahan kimia tertentu ke dalam plastik selama tahap produksi.

Bahan kimia dalam oxo-biodegradable biasanya adalah prodegradan, yang dapat mempotong rantai molekul plastik. Adanya prodegradan membuat plastik menjadi lebih rapuh dan mudah terurai ketika terpapar oleh panas, sinar matahari, atau oksigen. Proses terurai ini disebut degradasi oksidatif atau oksidasi.

Penting untuk dicatat bahwa oxo-biodegradable bukanlah plastik yang sepenuhnya terbuat dari bahan organik. Plastik oxo-biodegradable tetap terdiri dari polimer sintetik, seperti polietilena atau polipropilena, dengan penambahan bahan kimia khusus. Karena itu, hasil akhir dari proses biodegradasi ini adalah partikel-partikel plastik yang lebih kecil, bukan bahan organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme.

Proses oksidasi ini memainkan peran penting dalam mempercepat biodegradasi plastik. Ketika plastik oxo-biodegradable terpapar oleh oksigen dan sinar matahari, bahan kimia prodegradan berfungsi sebagai katalisator dalam poresis oksidatif. Prodegradan yang terkandung dalam plastik memecah ikatan kovalen pada rantai polimer.

Hasil dari oksidasi adalah pecahan fragmen plastik yang lebih kecil. Kemudian, fragmen-fragmen ini dapat didegradasi lebih lanjut oleh enzim mikroorganisme atau proses alami lainnya dalam lingkungan. Dalam kondisi yang tepat, partikel-partikel tersebut dapat terurai menjadi senyawa organik yang lebih sederhana seperti air, karbon dioksida, atau biomassa.

Di samping itu, proses oksidasi ini juga membantu mengurangi impact lingkungan yang ditimbulkan oleh plastik oxo-biodegradable. Karena terjadi pemecahan ikatan, volume plastik menjadi lebih kecil sehingga pengurangan limbah plastik yang ada di lingkungan alami menjadi lebih efektif.

Selain itu, teknologi oxo-biodegradable juga dapat mempercepat waktu terjadinya biodegradasi. Periode waktu yang dibutuhkan untuk oksidasi dan biodegradasi plastik oxo-biodegradable dapat bervariasi tergantung pada kondisi lingkungan, suhu, dan sifat materialnya. Namun, dalam kondisi yang optimal, degradasi plastik ini dapat terjadi dengan cepat dibandingkan dengan plastik tradisional.

Dalam rangka memastikan bahwa suatu produk plastik benar-benar oxo-biodegradable, saat ini ada sejumlah sertifikasi dan standar yang telah dirancang. Sertifikasi plastik oxo-biodegradable dapat menyediakan pegangan dan keyakinan bagi konsumen bahwa produk tersebut memenuhi kriteria kelayakan dan performa biodegradasi.

Meski teknologi oxo-biodegradable memiliki manfaat yang terlihat dalam pengurangan limbah plastik, ada juga kontroversi seputar penggunaan plastik ini. Beberapa pihak berpendapat bahwa adanya partikel-partikel plastik yang lebih kecil dari oksidasi dapat menyebabkan kontaminasi mikroplastik di lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dan menyelidiki risiko dan manfaat penggunaan plastik oxo-biodegradable secara menyeluruh.

Dalam kesimpulannya, oxo-biodegradable mengacu pada plastik yang mengandung bahan kimia prodegradan yang mampu mempercepat proses oksidasi dan biodegradasi. Proses ini memecah plastik menjadi fragmen yang lebih kecil, yang pada akhirnya dapat didegradasi oleh mikroorganisme atau proses alami dalam lingkungan. Meskipun teknologi ini bertujuan untuk mengurangi dampak limbah plastik, penting untuk terus melakukan penelitian dan evaluasi terkait efek dari partikel-partikel plastik yang terurai.

Keep in
touch
      Thank you very much for your interest in our company.
  Our task is to improve the level of service and product quality, and constantly meet the needs of customers is the goal we have been actively pursuing, which is our strategic priority to win long-term customer recognition.
If you have any questions, you can contact us according to the following contact information,we will reply to you in the shortest time, thank you.